Thursday, March 30, 2006

Tips Memanfaatkan Google


Tips Memanfaatkan Google Advanced Search


Sampai saat ini Google bisa dikatakan sebagai mesin pencari yang paling populer di internet. Banyak fasilitas menarik yang ditawarkan Google selain pencarian standar. Fasilitas-fasilitas ini tersedia pada Google Advanced Search. Kebanyakan pengguna memang jarang memanfaatkan fasilitas ini kecuali untuk tujuan khusus, misalnya untuk mencari hasil yang lebih spesifik dengan kriteria tertentu.

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa fasilitas advanced search dengan memanfaatkan operator-operator khusus. Mungkin diantara Anda ada yang sudah pernah menggunakannya. Tetapi bagi yang belum pernah, silahkan baca ulasan dibawah ini sekaligus dicoba.

link:, berfungsi untuk mencari jumlah link dari website luar yang mengarah ke website Anda. Fasilitas ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memantau jumlah link website pesaing Anda. Dengan demikian, apabila Anda membangun sebuah website baru setidaknya Anda tau kekuatan website pesaing, dilihat dari jumlah link eksternal yang dimilikinya.
Contoh : link:www.promosi-web.com, artinya mencari halaman web yang didalamnya terdapat link ke www.promosi-web.com


Operator minus (-), berfungsi untuk meniadakan keyword tertentu pada hasil pencarian.
Contoh :bali -bombing, artinya mencari web yang mengandung kata bali, tetapi tidak mengandung kata bombing.


filetype:, berfungsi untuk mencari hasil dengan tipe file tertentu.
Contoh : artikel web filetype:pdf, artinya mencari halaman web yang mengandung kata artikel web namun dengan format pdf saja.


allintitle:, berfungsi untuk mencari halaman web yang titlenya mengandung keyword yang Anda cari. Title yang dimaksud disini adalah isi dari tag allintitle:promosi web, artinya mencari halaman web yang titlenya mengandung keyword promosi web.

allintext:, berfungsi untuk mencari halaman web yang contentnya mengandung keyword yang dicari. Content yang dimaksud adalah teks yang terdapat diantara tag dan pada dokumen HTML.
Contoh : allintext:link papularity, artinya mencari halaman web yang body teksnya mengandung prase link popularity.


inurl:, berfungsi untuk mencari web yang URL-nya mengandung kata kunci yang Anda cari.
Contoh : inurl:
indonesia, yaitu untuk mencari website-website yang URLnya mengandung kata indonesia. Operator ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari berapa jumlah halaman dari website Anda yang telah terlisting di google. Misalnya : inurl:www.promosi-web.com.

define:, berfungsi untuk mencari definisi dari prase atau kata kunci yang Anda masukkan.
Contoh : define:seo, yaitu untuk mencari definisi dari kata seo.


Dikutip dari : http://www.promosi-web.com.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home